RSS

Mengurus Paspor RI di Imigrasi Jakarta Selatan

21 Jul

Beberapa tahun yang lalu, mengurus paspor sendiri merupakan suatu hal yang hampir-hampir tidak mungkin. Tapi sekarang, kita sudah bisa mengurus paspor sendiri, bahkan bebas dari pungutan-pungutan liar sehingga total biaya yang dikeluarkan hanya sebesar Rp. 255.000 ditambah beberapa biaya tambahan untuk fotokopi, map dan kalau perlu surat tertentu yang membutuhkan materai. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 minggu.

Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh, khususnya untuk pengurusan paspor di kantor imigrasi Jakarta Selatan berdasarkan pengalaman saya mengurus paspor dalam minggu kemarin.

  1. Membeli map dokumen dan mengambil formulir di koperasi. Formulirnya gratis, mapnya bayar, Rp. 5,000. Saran saya, belilah map dan ambil formulirnya lalu bawa pulang dulu, isi, lengkapi semua dokumennya. Dokumen yang diperlukan adalah: Kartu Tanda Penduduk (KTP); Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah; Surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah; Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI; Surat ganti nama (jika direncanakan akan dilakukan perubahan atau pergantian nama); Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta; — Semua dokumen ini harus disiapkan aslinya dan fotokopinya. Fotokopi harus berukuran A4. Masukkan formulir yang sudah diisi lengkap dan fotokopi dokumen-dokumen di atas ke dalam map.
  2. Hari kedua, datanglah pagi-pagi ke kantor imigrasi (saran saya, sekitar jam 7 pagi) dengan membawa map dokumen dan jangan lupa dokumen-dokumen aslinya. Letakkan map di lantai, di samping mesin pembagian nomer. Selanjutnya, carilah tempat duduk.
  3. Sekitar pukul 7.45, petugas akan memulai dengan pengumuman. Jangan lupa untuk membalas salam dari petugas yang menggunakan microphone :)
  4. Pukul 8.00, akan ada petugas yang mengambil map-map tersebut dan membagikan nomor antrian. Dengarkan baik-baik nama Anda akan dipanggil. Biasanya, nomor antrian sudah diselipkan di dalam map. Nomor antrian diawali dari 201. Jadi, Anda bisa menghitung kira-kira berapa orang di depan Anda.
  5. Sesudah pembagian nomor, petugas di loket 1, 2, dan 3 akan mulai memanggil nomor antrian disertai instruksi ke loket berapa Anda harus membawa berkas Anda. Ketika nomor antrian Anda dipanggil, datanglah ke loket dan serahkan map dokumen Anda beserta semua dokumen asli yang Anda miliki. Petugas akan memeriksa dokumen-dokumen Anda kemudian mengembalikan dokumen aslinya. Apabila ada dokumen yang kurang, petugas akan menginformasikannya kepada Anda. Dalam kasus saya, sebagai mahasiswa yang baru lulus, saya diminta melampirkan surat keterangan tidak bekerja/baru lulus kuliah. Surat ini disediakan di koperasi dengan membayar biaya meterai Rp. 6,000. Setelah semua dokumen Anda dianggap cukup lengkap, Anda akan mendapatkan tanda terima permohonan paspor. Selesailah hari pertama Anda di kantor imigrasi.
  6. Pada tanda terima yang Anda dapatkan, tertera tanggal di mana Anda harus kembali ke kantor imigrasi, biasanya dua hari setelah Anda menyerahkan dokumen. Pada tanggal tersebut, datanglah kembali ke kantor imigrasi sepagi mungkin (lagi-lagi, sekitar pukul 7.00 adalah waktu yang baik). PENTING: tancapkan tanda terima Anda di paku yang tersedia di depan loket 4. Pada saat kantor imigrasi mulai beroperasi, nama Anda akan dipanggil berdasarkan urutan penancapan tersebut.
  7. Ketika nama Anda dipanggil di loket 4, Anda diberi kesempatan melengkapi apabila masih ada dokumen yang kurang. Jika tidak, Anda akan diminta menunggu sampai nama Anda dipanggil di kasir.
  8. Pada waktu kasir memanggil nama Anda, siapkan uang pembayaran sebesar Rp. 255,000. Sediakan uang pas untuk menghemat waktu. Selanjutnya, Anda akan menerima tanda bukti pembayaran.
  9. Naiklah ke lantai dua dengan tanda bukti pembayaran Anda dan tancapkan tanda bukti pembayaran tersebut di paku di depan ruang foto. Tidak lama kemudian, Anda akan dipanggil untuk mengambil nomor antrian foto. Selanjutnya, silakan mengambil tempat duduk sambil menunggu nomor antrian Anda muncul di layar televisi yang tersedia.
  10. Setelah nomor antrian Anda muncul, masuklah ke ruang foto. Anda masih harus menunggu di dalam, silakan mengambil tempat duduk yang tersedia. Ketika sudah ada petugas yang siap, Anda akan diarahkan ke petugas tersebut.
  11. Ambillah tempat duduk dan siapkan diri Anda untuk difoto. Petugas akan mengarahkan Anda. Petugas juga akan melakukan wawancara. Jangan kuatir, wawancara ini hanya seputar data diri Anda. Setelah difoto, Anda juga harus memindai sidik jari. Pastikan jari tangan Anda tidak berkeringat untuk mempercepat prosesnya. Langkah selanjutnya adalah menandatangani paspor Anda sesuai arahan petugas. Pastikan semua data Anda benar sebelum menandatangani. Setelah proses ini selesai, selesailah hari ketiga Anda di kantor imigrasi. Anda akan membawa pulang lembaran pertama dari tanda terima pembayaran dan diminta kembali minggu berikutnya.
  12. Satu minggu kemudian, saatnya mengambil paspor Anda. Pengambilan paspor dapat diwakilkan oleh anggota keluarga (satu kartu keluarga) atau orang lain dengan menggunakan surat kuasa disertai fotokopi KTP. Saya mengusulkan untuk mengambil sendiri. Kembali, datanglah pagi-pagi, dan kali ini tancapkan lembaran yang Anda miliki di depan loket 5 (loket paling ujung dekat tembok). Ambillah tempat duduk dan tunggu sampai nama Anda dipanggil.
  13. Ketika nama Anda dipanggil, majulah ke loket tersebut, tuliskan nama Anda dan nomor paspor Anda (yang akan dibacakan oleh petugas) di buku catatan milik petugas, serta tandatangani buku tersebut. Selanjutnya, petugas akan meminta Anda menandatangani bukti pengambilan di dokumen Anda dan memfotokopi paspor Anda. Di kantor imigrasi Jakarta Selatan ada dua tempat fotokopi, yaitu di koperasi dan satu lagi di dekat pintu masuk. Petugas fotokopi sudah tahu apa yang perlu difotokopi (lembar depan dan lembar belakang dari paspor Anda). Serahkan hasil fotokopi tersebut kembali ke loket 5, dan Anda telah selesai mengurus paspor!
Catatan: pada setiap kesempatan, saya datang sekitar pukul 7.15 dan selesai antara pukul 9.00 – 10.00. Yang sangat penting untuk dicermati adalah bagian yang saya bold di atas, yaitu tempat di mana Anda harus meletakkan dokumen/tanda terima Anda yang sebetulnya merupakan antrian. Apabila Anda lalai menempatkan dokumen-dokumen tersebut, bisa jadi Anda harus menunggu sangat lama sampai giliran Anda tiba.
Selamat mengurus paspor sendiri! :)
About these ads
 
Leave a comment

Posted by on July 21, 2011 in Tentang Hidup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 583 other followers

%d bloggers like this: