RSS

Aku berpikir…

29 Jan

Kemarin, ribuan demonstran (katanya) turun ke jalan. Banyak di antaranya mahasiswa (katanya lagi), yang mengorbankan kelas yang seharusnya mereka ikuti, (katanya juga) demi demokrasi, keadilan dan perwujudan aspirasi rakyat. Anti korupsi, anti “penjajahan” oleh bangsa sendiri. Menolak penipuan, pembodohan dan permainan politik para pembesar.

Lantas… Aku berpikir… Apakah tindakan tersebut… BENAR?

Bukankah kita sebagai mahasiswa itu… seharusnya menjalankan tugas kita, yaitu belajar demi pengetahuan yang akan membuat kita mampu menjalankan “pemerintahan” yang lebih baik di masa depan?

Ketika kita berbondong-bondong turun ke jalan, hasil apa yang kita dapatkan?

Bukankah justru karena kelelahan, kita tidak membuat tugas kuliah dan kemudian memutuskan melakukan “pencurian” dan “korupsi” dengan memasukkan hasil pekerjaan yang bukan hasil usaha kita sendiri?

Bukankah kita justru merugikan orangtua kita yang dengan susah payah mengumpulkan uang untuk biaya kuliah mereka? Atau bahkan, jika mendapatkan beasiswa, kita menipu pemberinya, dan termasuk juga mengkorupsi uang beasiswa tersebut?

Kalau ketika masih mahasiswa, kita sudah belajar “korupsi”, tidak heran bahwa Indonesia menjadi salah satu negara terkorup sedunia!

Dan kita… Masih berani menuding pemerintah yang salah?

Bukankah seharusnya kita melihat diri kita sendiri dan perbuatan-perbuatan kita sebelum menilai perbuatan orang lain? Ah, ya, dalam rangka itu juga, penilaianku juga belum tentu benar… Bisa saja memang perlu kita berdemo, meneriakkan suara rakyat yang sudah lama tidak terdengar.

Atau jangan-jangan suara rakyat sudah tenggelam, dikalahkan oleh suara mahasiswa yang bermaksud menyuarakan??

 
Leave a comment

Posted by on January 29, 2010 in Tentang Hidup, Yang Telah Lalu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: