RSS

Konfesi Accra (Accra Confession), Apa dan Mengapa

20 Jul

Terjemahan dari pamflet Accra Confession yang dapat diunduh di sini.

Apakah itu Konfesi Accra?

Konfesi Accra diakui oleh para delegasi sidang umum ke-24 World Alliance of Reformed Churches (WARC) 24th bertempat di Accra, Ghana (2004), berdasarkan pemahaman teologis bahwa ketidakadilan ekonomi dan lingkungan yang disebabkan oleh perkembangan ekonomi global membutuhkan respons dari keluarga tradisi Reformasi sebagai bagian dari iman kepada injil Yesus Kristus. Konfesi Accra mengajak orang-orang Kristen dari tradisi Reformasi di seluruh dunia untuk berhadapan langsung dengan ketidakadilan yang terjadi di dunia sebagai bagian integral dari kesaksian dan misi gerejanya.

Mengapa Gereja Membutuhkan Konfesi Accra?

  1. Keadilan adalah sebuah masalah iman. Konfesi Accra menyatakan bahwa hal-hal yang terkait keadilan ekonomi dan lingkungan bukan sekedar masalah sosial, politik maupun moral: mereka adalah bagian integral dari iman kepada Yesus Kristus dan memengaruhi integritas gereja. Bersikap setia terhadap perjanjian Allah mewajibkan setiap individu Kristen bersama gereja-gereja untuk mengambil sikap melawan ketidakadilan ekonomi dan lingkungan yang tengah terjadi.
  2. Kesatuan gereja sangatlah penting. Kesatuan terkait dengan kebersamaan, sekalipun isu-isu yang dihadapi oleh gereja merupakan isu yang berpotensi memecah belah. Meskipun realitas kompleks dari globalisasi belum menghasilkan konsensus yang utuh, keluarga gereja dari tradisi Reformasi secara global menyampaikan pendapatnya terhadap kenyataan problematis dari ekonomi global masa kini melalui Konfesi Accra.
  3. Gereja berada dalam solidaritas dengan manusia yang menderita dan tengah berjuang. Mengikuti tradisi keadilan dari para nabi dalam Alkitab dan Yesus di dalam narasi-narasi Injil, Konfesi Accra melihat ke(tidak)teraturan dunia masa kini dengan cara “melihat melalui mata mereka yang tidak berkuasa dan tengah menderita”. Konfesi ini mengajak gereja-gereja dan masyarakat untuk mendengar teriakan orang-orang yang menderita dan luka dari ciptaan itu sendiri yang telah dikonsumsi secara berlebihan dan tidak diberikan penghargaan yang semestinya oleh ekonomi global masa kini.

Selanjutnya… Sejarah Konfesi Accra (dalam proses)

 
Leave a comment

Posted by on July 20, 2011 in Tentang Teologi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: